Home » Tentang Kami » Laporan » 2008

2008

Kegiatan Tahun 2008

Awal tahun 2008 dimulai dengan dukungan penuh dari DAI-AMARTA. Koperasi sama sekali belum memiliki kemampuan apa-apa baik secara financial maupun organisasi. Akan tetapi dalam waktu yang begitu singkat kegiatan Koperasi atas dukungan DAI-AMARTA mampu mendongkrat dan memacu bisnis Koperasi sehingga tahap awal pembelian dan pengolahan sampai expor perdanapun dapat terealisir. Semuanya terjadi karena dukungan DAI-AMARTA dan kekompakan serta keuletan kerja para anggota Koperasi.

03 Jan 2008 – Penyelesaian Fasilitas Produksi

Dengan selesainya pembangunan fasilitas tersebut, maka pada tanggal 03 Januari 2008, Ketua Koperasi Arabika Baliem meresmikan penggunaan fasilitas Produksi Yagara. Acara peresmian tersebut dilaksanakan dengan pesta pemotongan 2 ekor Babi yang masak secara tradisional ala Papua yang disebut dengan “Bakar Batu”.  Tradisi ini ditujukan untuk mendapatkan berkah dan persetujuan dari roh-roh setempat.

15 Mar 2008 – Pengangkutan Mesin

Setelah dua bulan menunggu, akhirnya peralatan pengolahan dikirim dari pulau Jawa tiba di pelabuhan Timika dan selanjutnya diangkut ke Lembah Baliem dengan menggunakan pesawat terbang “Cessna” kecil yang memakan waktu cukup lama. Karena mesin-mesin tersebut harus dibongkar dan dikirim satu per satu sebanyak enam kali penerbangan ke Wamena, ibu kota Lembah Baliem.

27 May 2008 – Penyelesaian Pembangunan Pabrik Pengolahan

Akhirnya pada tanggal 27 Mei 2008, mesin-mesin tersebut berhasil dipasang kembali dalam jangka waktu dua hari saja. Kemudian Anton, manajer produksi Koperasi, kemudian melatih Maximus, Ben, Matheus dan Caesar untuk mengoperasikan mesin pengupas dan grading.  Setelah beberapa uji coba dan latihan, tim produksi Yagara dengan cepat menguasai cara pengoperasian alat tersebut.

17 Jun 2008 – Mengumpulkan Kopi

Tiba pada tanggal 17 Juni 2008, Koperasi mulai membeli kopi dari seluruh wilayah Lembah Baliem. Dengan menghadapi banyak rintangan dan tantangan tim Pembeli kopi keluar dari rumah mulai Jam 04:00 subu hingga pulang sekitar Jam 10:00-12:00 malam hari, mengandalkan makanan Biscuit Roma dan Air Vit. Misalnya, di Kuruma dan Tangma (Kabupaten Yahukimo) harus melewati lumpur yang ganas dari sungai Yetni menyeberang berjalan kaki pikul Kopi sedikitnya 30 menit. Koperasi juga memfasilitasi perbaikan jalan dan jembatan di Tangma. Selain itu di Tiom, Tiom Eneri, Melagi Eneri, Pirime dan Maki (Kabupaten Lani Jaya), kami harus menghadapi pemalangan jalan dan jembatan oleh sekelompok anak muda yang memperbaiki jalan/jembatan yang rusak tersebut, ada pula pemalangan jalan (Pohon yang roboh) yang diakibatkan oleh angin, adapun orang gila yang menodong alat tajam untuk minta uang dan lain sebagainya. Hal yang sama kami hadapi saat pembelian di daerah Bokondini (Kabupaten Tolikara), daerah Kelila, Eragayam dan Ilugwa (Kabupaten Mamberamo Tengah). Dan kategori daerah pembelian Kopi tergolong dekat adalah di Asolokobal, Asologaima, Hubikosi, Siepkosi, Kurulu, Piramid, Yalengga dan Wolo Kabupaten Jayawijaya.

29 Jul 2008 – Pengolahan dan grading kopi

Setelah melewati rintangan dan menghabiskan waktu yang cukup melelahkan, akhirnya Koperasi dapat mengumpulkan dan mengolah 12 ton kopi, selanjutnya melakukan sortasi manual dan melakukan pengukuran grade. Sekarang Petugas Koperasi yang melakukan tugas ini telah dilatih dan saat ini mereka adalah petugas pengukur grade terbaik untuk Kabupaten Jayawijaya.

11 Dec 2008 – Expor Biji Kopi Perdana

Expor perda biji Kopi Arabika dari Jayawijaya secara resmi dilepas oleh Bupati Jayawijaya, Washinton Turnip, MM pada tanggal 11 Desember 2008. Dalam hal ini Koperasi Baliem Arabica bekerja denga gigih dan pantang menyerah mengumpulkan biji Kopi Arabika se-pegunungan tengah Papua sebanyak 12 Ton. Dan hasil tersebut dilepas secara resmi Pemerintah Daerah se-Pegunungan Tengah dan dihadiri utusan Gubernur Provinsi Papua yaitu Ir. Melkias Monim, selaku Kepala Dinas Perkebunan dan Drs. Yusuf Wally, MM, Kepala Dinas Perindag Provinsi Papua serta dihadiri pula Kepala Bank Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s