Home » Laporan » 2007

2007

Laporan Kegiatan Koperasi Baliem Arabica Tahun 2007

Kegiatan Koperasi Baliem Arabica secara efektiv belum dimulai pada saat ini tetapi masih pada tahapan penjajagan dan perintisan.

Sejarah Pembentukan Koperasi: Pertengahan April 2007

Pada awal tahun 2007 kami terima salah satu Tim dari Freeport bekerjasama dengan DAI-AMARTA melalui program PADA datang ke Lembah Balim Wamena untuk menyelidiki dan memastikan adanya Kopi Arabika di Lembah Balim. Kami difasilitasi oleh salah satu Anggota DPRD Jayawijaya mengadakan pertemuan-pertemuan rutin di kediamannya untuk mengambil langkah-langkah dan mengatur strategi selanjutnya.

17 Juli 2007- Pembentukan Koperasi secara organisasi.

Pada tanggal 17 Juli 2007 mewakili para Petani Kopi yang dihadiri 50 orang Ketua-ketua kelompok membentuk Badan Pengurus Koperasi (Ketua Koperasi, Wakil Ketua, Sekretaris I dan Sekertaris II serta Bendahara) agar secara administrasi dapat  melobi dan mengajukan Surat Permohonan  ke Pemerintah Daerah guna mendapatkan pengakuan secara hukum.

03 Nov 2007 – Pengukuhan Koperasi Arabika Baliem

Kemudian pada tanggal 3 November 2007, rombongan  tersebut datang dan mengundang 50 kepala suku dari seluruh wilayah Lembah Baliem untuk menghadiri pertemuan di Honai Adat di Jagara Uwelesi. Dalam pertemuan tersebut, kami mendiskusikan pembentukan koperasi petani produsen kopi Arabika spesial di Lembah Baliem dan di akhir pertemuan yang berlangsung selama enam jam, para kepala suku sepakat untuk mengorganisir Koperasi Arabika Baliem, yang akan memproduksi kopi Arabika spesial untuk tujuan pasar internasional. Karena kendala para petani di Jayawijaya adalah Pasaran maka niat ini disambut baik oleh para Kepala Suku yang adalah Petani Kopi itu sendiri melalui upacara Adat pula (acara bakar batu dan pemotongan babi).

27 Nopember 2007 – Penerbitan SK dan Pengesahan Akta Koperasi.

Kemudian pada tanggal 27 Nopember 2007, Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI bernomor: 16/BH/KPKM/2007 tentang Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Baliem Arabica diterbitkan dan mendapatkan pengakuan resmi dari pemerintah.

15 Dec 2007 – Pembangunan Fasilitas Produksi

Setelah mendapatkan persetujuan Pemerintah dengan menerbitkan SK dan Akta Pendirian Koperasi bersama surat-surat lain, maka mulai tanggal 15 Desember 2007 Koperasi mulai membangun pagar di sekeliling wilayah produksi dan tempat penjemuran kopi serta membangun sebuah rumah pertemuan baru untuk koperasi dan memperbesar fasilitas tempat penyimpanan kopi yang difasilitasi dan didukung penuh oleh DAI-Amarta hingga selesai.

2007 was originally published on KSU Baliem Arabica

2007 was originally published on KSU Baliem Arabica

Advertisements